>Stok Kosong Microsoft Berbisnis Linux

>Sejak tahun 2006 Microsoft telah menjual Sistem Operasi ber-kernel Linuxkepada kliennya senilai 240 Juta Dollar.  475 klien Microsoft denganpembelian rata-rata diatas setengah juta dollar telah membeli danmenggunakan Suse Linux Enterprise ( SLE) berupa kupon langganan layanan (subscriptions) dukungan yang dipasok oleh Novell.

Menurut pemberitaan SD Times, stok kupon support subscriptionyang diborong Microsoft sebagai kesepakatan kerjasama sejak akhir tahun2006 itu, kini telah habis terjual dan menjadikan Microsoft sebagaipenjual Linux komersil nomor 3 setelah Red Hat dan Novell. Secara tidaklangsung hal ini juga merupakan pengakuan terhadap keunggulan Linuxdalam hal tertentu (handal) bilamana produk Microsoft secara teknisbelum dapat menyainginya.

Microsoft juga mengalokasikaninvestasi sebesar 60 juta dollar untuk memasarkan solusi virtualisasiLinux dan Windows plus 34 juta dollar guna memenuhi kesepakatanmarketing untuk mempromosikan produk kombinasi Microsoft/Novell. Untuksemua itu sekitar 20-30 karyawan disediakan kedua perusahan yang khususmenangani bisnis ini dan sebuah tim teknis (full time) sebagai pendukungnya.

Kesepakatan diatas sejak awal sudah kontroversial terutama dikalangan aktivis Open Source, dan salah satu pakar open source Matt Asay menganggaphal itu sekedar menguntungkan Microsoft dalam upayanya menggoyahkanposisi Red Hat. Matt Asay adalah aktivis open source dan VP diAlfresco, belum lama ini (5 Pebruari 2010) diangkat Mark Shuttleworth untuk menjabat direktur operasi (COO) di perusahan pendukung distro Ubuntu Canonical menggantikan Jane Silber.

Sumber : gudanglinux.info

Iklan

~ oleh lpu7 pada 14 Februari 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: